Logo rezzaid blog
Blog

Apa itu SEO: Jenis, Cara Kerja, Teknik dan Contohnya

Sudah ada yang tahu belum apa itu SEO? Berikut pengertian SEO, manfaat, fungsi, jenis dan teknik cara optimasi SEO on page/ SEO off page.

By: rezzaid, Februari 2022 | Posted in: | Tag: ,

apa itu SEO

Search Engine Optimization atau yang sering disingkat sebagai SEO juga bisa artikan sebagai Optimasi Mesin Pencari.

SEO ini ialah serangkaian proses yang dilakukan secara sistemastis yang memiliki tujuan guna untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu.

Search Engine Optimization ini pun memanfaatkan mekanisme Algoritma atau kerja mesin tersebut.

Yang dimaksud dari mekanisme mesin ialah crawling, indexing, dan ranking.

Adapun tujuan dari Search Engine Optimization (SEO) ialah untuk menempatkan situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Situs web yang menempati posisi paling atas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapat viewers atau pengunjung.

Bagaimana Cara Membuat SEO

Adapun tujuh Β awal untuk cara membuat SEO, yaitu :

Pilih penyedia Hosting terpercaya

Hosting ialah salah satu faktor yang paling penting untuk mempengaruhi berbagai aspek situs, khsusunya untuk keamanan dan performanya.

Sebaiknya pilih Web Hosting yang mampu menangani semua kebutuhan website Anda dan saat memilig paket Hosting, pertimbangkan faktor – faktor dibawah ini :

  • Jaminan Uptime
  • Resource
  • Fitur Keamanan
  • User Friendly
  • Value for Money

Selalu gunakan SSL

SSL yaitu teknologi kemanana untuk mengenskripsi koneksi antara browser dan website, dengan SSL ini pihak yang tidak berwenang tidak akan bisa mengakses informasi sensitive seperti pembayaran.

Mengoptimalkan Kecepatan Situs

Kecepatan Situs ialah faktor utama yang mampu mempengaruhi pengalaman pengguna dan idealnya hanya butuh waktu dua detik saja uuntuk loading website.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan Kecepatan Situs :

  1. Pastikan bawah resource dari paket Web Hosting mencukupi
  2. Gunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN) guna mempercepat penyajian konten ke browser pengunjung
  3. Perbarui atau update WordPress dan versi PHP
  4. Periksalah Theme dan Plugin yang mungkin memperberat website, update dan hapus instalan yang tidak Anda butuhkan
  5. Untuk memperkecil ukuran file Website, aktifkan kompresi GZip
  6. Aktifkan kompresi GZip untuk memperkecil ukuran file website
  7. Minify website code Anda
  8. Kurangi DNS Lookup untuk situs WordPress yang memiliki banyak konten

Mengaktifkan Caching Konten

Cache Website ialah strategi umum yang bsia mempercepat website, dengan Caching maka Salinan fiel website akan disimpan untuk sementara di browser pengunjung.

Menambahkan Domain ke Google Search Console

Google Search Console ialah software gratis berbasis web yang dapat memantau seberapa Friendly SEO pada website Anda dan Tool ini pun memberikan berbagai instight mengenai visibilitas website Adan di mesin pencari, termasuk :

  • Rank rata – rata di SERP
  • Juamlah click yang dihasilkan dari mesin pencarian Google
  • Pencarian yang secara khusus mengarahkan pengguna ke halaman web
  • Core Web Vitals, ialah kumpulan metrik rank baru dari Google guna mengukur performa loading, stabilitas visual website, dan interaktivitas.

Submit Sitemap XML ke Google Search Console

Anda pun bisa submit Sitemap XML, Sitemap XML ialah file yang mencantumkan URL seluruh halaman website sehinggan mesin pencari tahu di mana harus menemukan situs website tersebut.

Bing dan Yandex

Sebaiknay tambahkan juga domain Anda ke mesin pencari lain seperti Yandex dan Bing, meskipun Google kini menjadi mesin pencari terpopuler di market search engine.

Apa itu Off Page SEO dan On Page SEO

Pada Search Engine Optimization terdapat dua macam SEO, yaitu Off Page SEO dan On Page SEO.

Kedua Teknik tersebut sangat penting untuk menentukan keberhasilan kapamye optimasi mesin pencari.

Pengertian dari On Page SEO

On Page SEO ialah Teknik optimasi yang dilakukan di website dengan cara mengoptimalkan beberapa hal teknis dan konten pada halaman website.

Komponen On Page SEO

Berikut beberapa komponen dari On Page SEO yang mempengaruhi peringkat website di halaman pencarian, diantaranya:

Headings

Headings atau judul secara umum memiliki ukuran huruf yang lebih besar disbanding dengan tulisan lainnya dalam sebuah halaman.

Dibanding isi konten, Headings memiliki peran yang lebih besar karena Anda akan menempatkan kata kunci pada tiap judul konten.

Pada umumnya, satu konten memiliki lebih dari satu judul yang terbagi dalam H1 / Judul 1, H2 / Judul 2, H3 / Judul 3, hingga seterusnya.

Akan tetapim perlu diingat bahwa sebaiknya hanya ada satu Judul 1 / H1 di tiap konten, sedangkan judul lainnya diatur sebagai Judul 2 / H2 sebagai Sub Judul, maupun seterusnya.

Struktur URL

Bila website diibaratkan sebagai rumah, maka URL atau Uniform Resource Locator ialah alamat dari situs tersebut.

atau Uniform Resource Locator disarankan mengandung kata kunci, akan tetapi bila konten terlanjur dipublikasikan tanpa menempatkan kata kunci pada URL maka sebaiknya tidak mengubah susuanan URL.

Perancangan strukstur pada URL website pun berpengaruh agar Google dengan mudah mengetahui dan mengenal website.

Komponen ini pun bisa dirancang dan ditata berdasarkan kategori halaman ataupun hierarki halaman.

Alt Text untuk Gambar

Menambahkan teks pada gambar ialah Tindakan yang wajib dilakukan, karena Tindakan tersebut dapat membantu pembaca tunanetra untuk memahami isi konten pada situs Anda melalui gamabr tersebut.

Masukkan keywords atau kata kunci yang relevan lalu berikan deskripsi secara akurat untuk membantu Google menemukan halaman Anda.

Patuhi Web Content Accessbility Guidelines atau WCAG saat menambahkan atribut Alt Text yang terdiri dari:

  • Beri deskripsi 8 – 10 kata pada gambar
  • Tambahkan keyword atau kata kunci secara natural
  • Tambahkan lokasi (disarankan)
  • Jangan menambah keyword atau kata kunci yang tidak relevan

Page Speed

Page Speed berkaitan dengan kecepatan Google dalam membantu pengguna untuk menemukan dan mengakses halaman yang dicari.

Bila Page Speed sudah Optimal maka situs website Anda berpeluang lebih tinggi untuk menduduki peringkat atas pada halaman Google.

Google sendiri memiliki Page Speed Insight yang berguna untuk menganalisis situs pada peringkat smartphone dan desktop,

Hasil analisis ini nantinya digunakan untuk memberikan saran perbaikan bagi situs Anda agar Page Speed situs Anda lebih optimal.

Konten Halaman

Konten pada situs website Anda harus mengandung hal yang bermanfaat bagi pengunjung atau viewers, agar ketika pengunjung mencari suatu topik yang relevan maka situs milik Anda ada di urutan pertama.

Meskipun tidak ada Guidelines, pasti Google telah menetapkan hal tersebut.

Disarankan Anda untuk menulis konten yang mengandung minimal 500 kata di tiap halamannya dan tempatkan kata kucni pada bagian judul, awal paragraph, tengah, dan akhir konten.

Mobile Friendliness

Seberapa ramah website milik Anda bila diakses lewat smartphone ?

Kecepatan pemuatan halaman pada smartphone termasuk metrik yang diprioritaskan oleh Google saat ini.

Mobile Friendly Test telah hadir untuk membantu Anda dalam menganalisis permasalahan yang mungkin terjadi saat pengunjung mengakses situs website melalui smartphone.

Internal Link

Internal Link ialah link yang ditautkan pada konten secara internal dengan halaman lain yang relevan pada situs website Anda.

Tindahakan tersebut mampu meningkatkan peringkat situs Anda pada halaman pencarian.

Kemudian beri tanda dengan Anchor Text pada konten yang diberi Internal Link.

Pengertian dari Off Page SEO

Off Page SEO ialah Teknik optimasi yang dilakukan pada luar website yang bertujuan untuk membuat website ada di halaman terasas pencarian Google.

Hal tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan domain authority melalui backlink, link building, ataupun aktivitas pengoptimalan eskternal website yang lain.

Komponen Off Page SEO

Berikut beberapa komponen dari Off Page SEO yang mendukung kinerja Teknik promosi website, diantaranya:

Backlink

Backlink ialah istilah untuk menamai tautan yang mengarah pada situs milik Anda dan untuk membangun backlink yang berkuantitas dan berkualitas, lakukan hal berikut :

  • Buatlah konten yang berkualitas dan menarik, karena backlink dari konten yang berkaulitas sangat penting disbanding kuantitasnya
  • Bagikan konten melalui media social
  • Promosikan situs Anda melalui newsletter atau influencer
  • Undang penulis lain untuk memberikan komentar pada situs website Anda.

Domain Authority

Domain Authority atau yang sering disingkat sebagai DA ialah metrik buatan beberapa third parti yang jadi acuan seberapa besar situ dapat dipercayam berdasarkan rujukan dari mesin pencarian Google.

Komponen ini termasuk salah satu barometer yang sangat memperngaruhi kredibilitas situs Anda.

Adapun beberapa third party yang mengeluarkan Domain Authority berdasarkan algoritma mereak ialah Ahref, Moz, dan sebagainya.

Promosi Sosial

Promosi social ini pun harus dilakukan guna untuk meningkatkan Social Signnal.

Social Signal ialah Teknik untuk meningkatkan traffic, kredibilitas, dan peringkat website dengan cara mempromosikannya melalui media social.

Apa itu Backlink pada Website

Backlink ialah salah satu faktor utama dalam SEO, karena backlink merupakan tautan di sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Google asebagai Seach Engine menanggap backlink sebagai cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda.

Dengan kata lain, backlink membantu viewers atau pengunjung website untuk menemukan informasi tambahan yang tidak di sediakan di situs asli.

Berikut beberapa jenis backlink, ialah:

  • Guest post backlink
  • Editorial backlink
  • Comment backlink
  • Do-follow backlink
  • No-follow backlink

Adapun manfaat dari baclink, di antaranya :

  • Mampu meningkatkan exposure website
  • Mampu meningkatkan kredibilitas website
  • Mampu meningkatkan peringkat pada SERPs
  • Website terindex di Search Engine dengan mudah

Apa itu Riset Kata Kunci

Riset Kata Kunci atau Keyword Research ialah riset yang bisa Anda lakukan untuk strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari.

Pada dasarnya riset ini termasuk kegiatan mencari kata kunci yang sering dimasukkan oleh orang – orang pada mesin pencari yang sesuai dengan topik dari laman atau artikel dari situs Anda.

Untuk menjadikan halaman Anda di posisi teratas mesin pencari atau meningkatkan jumlah pengunjung bukan tujuan utama yang perlu dicapai, Anda juga perlu tepat sasaran.

Perlu Anda ketahui bahwa anda kata kunci yang banyak dicari namun kurang bermanfaat, dan ada juga kata kunci yang sedikit dicari namun memiliki manfaat yang luar biasa.

Terkait kata kunci yang dimaksud diatas ialah disebut sebagai Search Intent.

Beberapa macam Search Intent yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

Transaksi

Search Intent ini merupakan tingkat yang paling tinggi di mana orang – orang menari lewat kata kunci melalui Search Intent – Transaksi ini, biasanya untuk bertransasksi untuk jasa atau produk.

Beberapa contoh kata kunci untuk Search Intent Transaksi ialah:

  • Beli Alat Penangkal Tikus
  • Jual Beli Barang Bekas Berkualitas
  • Jasa Penerjemahan

Perbandingan Harga

Pada umumnya, seseorang tidak langsung membeli barang yang akan ia beli di toko dan ia akan membandingkan harga di pasaran melalui mesin pencari.

Beberapa contoh kata kunci untuk Search Intent – Perbandingan Harga ialah:

  • Cek Harga Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Harga Termurah Kaos Anime
  • Harga Laptop Lenovo Yoga i7

Warning: Attempt to read property "ID" on string in /var/www/rezza.id/htdocs/wp-content/plugins/oxygen/component-framework/components/classes/code-block.class.php(128) : eval()'d code on line 8

Warning: Attempt to read property "ID" on string in /var/www/rezza.id/htdocs/wp-content/plugins/oxygen/component-framework/components/classes/code-block.class.php(128) : eval()'d code on line 8