Frequently Asked Questions.
Apa itu SEO dan Fungsinya
Search Engine Optimization atau yang sering disingkat sebagai SEO juga bisa artikan sebagai Optimasi Mesin Pencari.
SEO ini ialah serangkaian proses yang dilakukan secara sistemastis yang memiliki tujuan guna untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu.
Search Engine Optimization ini pun memanfaatkan mekanisme Algoritma atau kerja mesin tersebut.
Yang dimaksud dari mekanisme mesin ialah crawling, indexing, dan ranking.
Adapun tujuan dari Search Engine Optimization (SEO) ialah untuk menempatkan situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Situs web yang menempati posisi paling atas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapat viewers atau pengunjung.
Bagaimana Cara Membuat SEO
Adapun tujuh awal untuk cara membuat SEO, yaitu :
1. Pilih penyedia Hosting terpercaya
2. Selalu gunakan SSL
3. Mengoptimalkan Kecepatan Situs
4. Mengaktifkan Caching Konten
5. Menambahkan Domain ke Google Search Console
6. Submit Sitemap XML ke Google Search Console
7. Bing dan Yandex
Apa itu Off Page SEO dan On Page SEO
Pada Search Engine Optimization terdapat dua macam SEO, yaitu Off Page SEO dan On Page SEO.
Kedua Teknik tersebut sangat penting untuk menentukan keberhasilan kapamye optimasi mesin pencari.
Pengertian dari On Page SEO
On Page SEO ialah Teknik optimasi yang dilakukan di website dengan cara mengoptimalkan beberapa hal teknis dan konten pada halaman website.
Komponen On Page SEO:
Headings
Struktur URL
Alt Text untuk Gambar
Page Speed
Konten Halaman
Mobile Friendly
Internal Link
Pengertian dari Off Page SEO
Off Page SEO ialah Teknik optimasi yang dilakukan pada luar website yang bertujuan untuk membuat website ada di halaman terasas pencarian Google.
Hal tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan domain authority melalui backlink, link building, ataupun aktivitas pengoptimalan eskternal website yang lain.
Komponen Off Page SEO
Backlink
Domain Authority
Promosi Sosial
Apa itu Backlink pada Website
Backlink ialah salah satu faktor utama dalam SEO, karena backlink merupakan tautan di sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.
Google asebagai Seach Engine menanggap backlink sebagai cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda.
Dengan kata lain, backlink membantu viewers atau pengunjung website untuk menemukan informasi tambahan yang tidak di sediakan di situs asli.
Berikut beberapa jenis backlink, ialah:
• Guest post backlink
• Editorial backlink
• Comment backlink
• Do-follow backlink
• No-follow backlink
Adapun manfaat dari baclink, di antaranya :
• Mampu meningkatkan exposure website
• Mampu meningkatkan kredibilitas website
• Mampu meningkatkan peringkat pada SERPs
• Website terindex di Search Engine dengan mudah
Apa itu Riset Kata Kunci
Riset Kata Kunci atau Keyword Research ialah riset yang bisa Anda lakukan untuk strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari.
Pada dasarnya riset ini termasuk kegiatan mencari kata kunci yang sering dimasukkan oleh orang – orang pada mesin pencari yang sesuai dengan topik dari laman atau artikel dari situs Anda.
Untuk menjadikan halaman Anda di posisi teratas mesin pencari atau meningkatkan jumlah pengunjung bukan tujuan utama yang perlu dicapai, Anda juga perlu tepat sasaran.
Perlu Anda ketahui bahwa anda kata kunci yang banyak dicari namun kurang bermanfaat, dan ada juga kata kunci yang sedikit dicari namun memiliki manfaat yang luar biasa.
Terkait kata kunci yang dimaksud diatas ialah disebut sebagai Search Intent.
Beberapa macam Search Intent yang bisa Anda ketahui, di antaranya:
Transaksi
Search Intent ini merupakan tingkat yang paling tinggi di mana orang – orang menari lewat kata kunci melalui Search Intent – Transaksi ini, biasanya untuk bertransasksi untuk jasa atau produk.
Beberapa contoh kata kunci untuk Search Intent Transaksi ialah:
• Beli Alat Penangkal Tikus
• Jual Beli Barang Bekas Berkualitas
• Jasa Penerjemahan
Perbandingan Harga
Pada umumnya, seseorang tidak langsung membeli barang yang akan ia beli di toko dan ia akan membandingkan harga di pasaran melalui mesin pencari.
Beberapa contoh kata kunci untuk Search Intent – Perbandingan Harga ialah:
• Cek Harga Samsung Galaxy S20 Ultra
• Harga Termurah Kaos Anime
• Harga Laptop Lenovo Yoga i7